Sukses di usia muda

Kemana Aku Ketika Itu by Jamil Azzaini
Kemarin saya mendampingi Fuza Aulia Barisila, alumni Akademi Trainer, melaunching buku barunya “Main Properti Gaya Anak Muda” yang diterbitkan Gramedia. 350 lebih peserta memadati gedung Indosat menghadiri acara tersebut. Diantara mereka ada pembicara muda Teuku Wisnu dan Elang Gumilang. Hadir juga Wilson Tirta, anak usia 12 tahun yang sudah punya bisnis properti di Pontianak.
Ketika itu pikiranku melayang-layang dan membatin, “Kemana aku saat seusia mereka ya?” Betapa banyak orang-orang yang masih muda namun prestasinya melebihi orang-orang tua.
Imam Syafi’i, tertulis dalam sejarah, ketika usianya belum genap 12 tahun sudah hafal Al-Qur’an dan ribuan hadits. Bahkan sudah terbiasa pula berbagi ilmu di depan orang- orang yang berilmu tinggi.
Sementara saat usiaku 12 tahun, kemana aku ya?
Muhammad Al Fatih sudah menjadi panglima perang dan menaklukan Konstantinopel sebelum usianya 25 tahun. Padahal, selama ratusan tahun tak ada yang bisa menaklukkan Konstantinopel. Sementara aku, saat usiaku sebelum 25 tahun, apa yang sudah aku taklukkan? Kemana aku ketika itu?
Wilson Tirta, usianya 12 tahun. Ia berani terbang sendiri dari Surabaya untuk belajar bicara sistematis di Wanna Be Trainer, sudah berani bicara dihadapan orang dewasa di
berbagai forum, sedang menulis buku dan sudah punya bisnis properti.
Kemana saat usia Anda 12 tahun?
Fuza, Teuku Wisnu, Elang Gumilang usianya belum genap 30 tahun. Mereka sudah punya banyak bisnis.
Bahkan Teuku Wisnu merangkap jadi artis. Elang Gumilang omset bisnisnya mencapai 10a Trilyun rupiah.
Sementara saat usiaku belum 30 tahun, apa yang sudah aku perbuat?
Dan kemana aku ketika itu, ya?
Masa lalu tak boleh disesali. Masa lalu untuk pembelajaran. Belajar bagaimana mendidik anak agar anak kita hebat di usia yang belia. Belajar bahwa yang tua tak boleh angkuh dan sombong karena ternyata banyak anak muda yang jauh lebih hebat.
Belajar untuk terus menebar kebaikan dan prestasi agar beberapa tahun kemudian tak muncul lagi pertanyaan, “Kemana aku ketika itu ya?”
Salam SuksesMulia!

Komentar

Postingan Populer